Senin, 03 Februari 2014

Atasi Super Kips Macet Pada Ninja Rr

Hallo Mas Bro -Diajeng,, Mohon Maaf bila Postingan Kali ini lebih Spesifik pada Pengguna dan Penggemar Kawasaki KR150 series..
Sebenarnya Saya sendiri agak Canggung klo Bahas mengenai SuperKips Macet ini,, Pasalnya meski sudah hampir 4 tahun menjadi Pengguna Belum pernah sekalipun Mengalami hal ini.. #Jangan sampei lah – Amin#
super-kips
Super Kips (Kawasaki Intregate Power System) #sengaja saya cetak tebal karena kemarin ada Sms dari Lampung yang nanyai Kepanjangan S Kips ini yang belum sempat di Balas – Maaaf# Merupakan Tehnologi Saluran buang tambahan dengan Klep Putar (rotary Valve) yang di gerakkan secara Mekanis.. Lengkapnya silahkan baca lagi disini..
Superkips Macet atau Nyangkut yaitu Valve superkips yang sudah terbuka secara mekanis pada saat Putaran Mesin tinggi tidak mau kembali Menutup saat Putaran mesin turun / rendah Kembali,, Biasanya Gejalanya suara Knalpot lembab dan Kasar , Power mesin Drop bahkan mau mati mesin kalo putaran mesinnya rendah (<3000an RPM)..
Adapun Penyebab Utama dari Super Kips Macet adalah Terlalu Sempitannya Li ang Valve Super Kips ,, hal Tersebut bisa Terjadi Karena 2 Hal..
Yaitu ;
1- Adanya Karbon / Kerak sisa Pembakaran
Hal ini biasanya di sebabkan Setingan Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping yang lebih Boros dari Kebutuhan Mesin atau sudah Melemahnya Komponen Kelistrikan / Pengapian Motor..Congkel valve
2- Cetakan dan Finising Part yang kurang Sempurna
Hal ini Terbukti dengan Macetnya Super Kips pada Motor-Motor yang Ter golong Masih Baru dan 99%masih Standard Pabrik atau pun Motor-Motor yang jarak tempuhnya masih sangat Rendah..
*Saya Pribadi sudah 2x menjumpai Superkips yang memang sudah Berat di putar2 ato di gerak2 kan meski motor masih Baru..
Bongkar RR
Nah,, sekarang tugas kita adalah Menganalisa Penyebab Macetnya Super Kips pada motor Tunggangan kita,, Kalao yakin bahwa Penyebabnya adalah seperti No.1 diatas maka cara mengatasinya bisa di Service atao di cuci seperti pernah Saya posting di sini..
Dan jangan lupa setting Ulang Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping sesuai kebutuhan Mesin,, karena setiap yang berlebihan itu tidak Baik..
Namun Cara di atas Tidak berlaku bila ternyata Penyebab Macetnya SuperKips adalah No.2,, yaitu Permukaan secondary Exhause Port yang Kasar dan kurang Persisi.. Apabila di yakini ini penyebabnya,, maka yang perlu di lakukan Memodifikasi Ulang saluran buang tambahan khususnya pada liang Valve Superkipsnya agar Valve dapat berputar (Buka-tutup) secara lancar dan ringan..
Bersihkan Blok 1855
Semoga ada Mamfaatnya,, mohon maaf bila ada kesalahan dari Saya..
Bagi yang mempunyai Solusi atupun Pengalaman Lain Monggo Sharing nya disini,, Kips Bradehud En Pisss..

Tidak ada komentar: